MANAKAH YANG LEBIH PENTING ,IBADAH SUNNAT ATAU PEKERJAAN RUMAH TANGGA

MANAKAH YANG LEBIH PENTING ,IBADAH SUNNAT ATAU PEKERJAAN RUMAH TANGGA

KEUTAMAAN PEKERJAAN RUMAH TANGGA DARI IBADAH SUNNAT



✍Al-Allamah Muhammad bin Sholeh Al-Utsaimin -rahimahullah-

🎀السُّـــ↶ــؤَالُ:

بارك الله فيكم. السائلة تقول في هذا السؤال: أريد أن أصلي في الليل، لكن طول النهار أكون في خدمة البيت حتى الساعة العاشرة مساء، مما يجعلني في حالة إرهاق شديد، فهل أثاب على نيتي؟

🎀الجَــ↶ـــوَابُ:

《 نعم، يثاب المرء على نيته إذا اشتغل بما هو أفضل مما ترك، وهذه المرأة قامت بواجب من واجبات حياتها وهي خدمة زوجها في البيت، وهو أفضل من أن تتهجد، فإذا علم الله من نيتها أنه لولا قيامها بهذا الواجب الذي تخشى أن يكون في إضاعته إثم، فإنه يرجى أن يكتب الله لها الأجر كاملاً. نعم. 》

❓Pertanyaan :

"Semoga Allah memberkahi anda, seorang wanita bertanya :

"Saya ingin mengerjakan sholat malam, namun sepanjang siang saya sibuk dengan pekerjaan rumah tangga, hingga jam 10 malam, hal itu yang benar-benar membuatku sangat letih, apakah saya mendapat pahala atas niatku (niat mengerjakan sholat malam)?"


✅Jawaban :

"IYA. Seseorang mendapatkan pahala atas niatnya, jika dia disibukkan dengan sesuatu yang lebih utama dari apa yang dia tidak bisa dilakukan (tinggalkan).

Wanita ini menunaikan salah satu dari kewajiban dalam kehidupan, yaitu membantu & melayani suami dalam dalam rumah tangga, dan itu lebih utama dari sholat tahajjud.

Maka tatkala Allah mengetahui dari niatnya, bahwa seandainya dia tidak menunaikan kewajiban rumah tangganya, yang dikhawatirkan dia akan terjatuh dalam dosa ketika kewajiban tersebut dilalaikan, maka diharapkan Allah menetapkan baginya balasan pahala yang sempurna."

Silahkan tinggalkan pesan jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan.