Hati - Hati | Ini Akibat jika Anda Salah Pilih Sabun Mandi

Hati - Hati | Ini Akibat jika Anda Salah Pilih Sabun Mandi

Adimasrosid Blog - Dari sekian banyak jenis sabun mandi, anda perlu memilah-milah dengan cermat. Kenapa harus demikian ? Karena setiap orang memiliki permasalahan kulit yang berbeda-bedda. Tentu saja sabun mandi yang cocok untuk masing masing orang juga berbeda. Jika salah pilih sabun, maka kulit anda bisa menjadi taruhanya. Apa saja efek dari salah pilih sabun mandi ?

Efek samping jika kamu salah pilih sabun 

Efek samping jika kamu salah pilih sabun

1. Kulit menjadi kering


Sabun dengan busa yang terlalu banyak atau mengandung antiseptik bukan pilihan yang terbaik bagi kamu yang memiliki kulit yang kering. Sabun seperti ini hanya akan membuat kulit kamu lebih kering dan kesat. 

Rasa kesat yang ditimbulkan bukan karena bersih, akan tetapi karena minyak alami kulit tergerus oleh bahan kimia yang terkandung dalam sabun mandi tersebut. Kulit yang kehilangan pelembab alami akan menjadi kering, dan lambat laun kulit akan mudah sekali gatal dan bukan tidak mungkin lagi jika kulit mudah keriput. 

2. Kulit menjadi berjerawat


Bagi pemilik kulitberminyak, mengunakan sabun yang terlalu lembut terkadang tidak menolong. Sabun dengan jenis seperti ini tidak mampu membersihkan kulit yang terlampau berminyak. Akibatnya, kotoran atau minyak menumpuk dipermukaan kulit dan membuat kulit meradang. 


memilih sabun yang keras degan busa berlebihan ( sabun yang membuat kesat ) juga bukan jawaban yang tepat. Karena jika kulit terlampau kering, kelenjar akan berkompensasi dengan menghasilkan minyak lebih banyak lagi. 

3. Kulit mudah gatal atau merah


Sabun yang membuat kulit terasa kesat pasti akan menyebabkan kulit menjadi kering. rasa kesat terjadi karena hilangnya pelembap alami kulit. 

Pelembab alami kulit merupakan bagian dari pertahanan kulit. Minyak ini menjaga agar cairan tidak mudah hilang dari kulit dan zat luar tidak mudah masuk ke kulit. Kekurangan pelembab alami akan membuat kulit kehilangan pertahanannya, sehingga lebih gampang meradang. Kulit kering  juga lebih rentan gatal, karena elastisitasnya berkurang. 

Sesuaikan sabun dengan jenis kulit kamu. Dengan begitu, kesehatan kulit akan tetap terjaga.

Silahkan tinggalkan pesan jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan.