Sering Menggunakan Smartphone - Apakah Bisa Alami Gangguan Mental ?

Sering Menggunakan Smartphone - Apakah Bisa Alami Gangguan Mental ?

Sekarang ini hampir setiap orang menghabiskan lebih banyak waktu menggunakan smartphone, bahkan hampir setiap menit perlu memeriksa smartphone, walaupun tidak muncul notifikasi sama sekali. Efek buruknya, selain dapat meningkatkan kecemasan seseorang, perilaku yang seperti itu bisa mengganggu kemampuan fokus, bahkan bisa mempengaruhi kesehatan mental seseorang. 

Sering Menggunakan Smartphone

Beberapa penelitian mengungkapkan. penggunaan media sosial bisa berakibat buruk bagi kesehatan mental. Facebook juga mengakui, jika penggunaan pasif jejaring sosial miliknya bisa membuat suasana hati seseorang menjadi negatif.

Bahaya Smartphone bagi Manusia

Beberapa investor kabarnya ikut mengupayakan agar produsen menciptakan teknologi baru yang dapat mengurangi kecanduan terhadap smartphone. Namun bila merasa sudah terlalu kecanduan dan ingin mengurangi gangguan smarphone, Berikut kiat sederhana yang bisa kamu lakukan. 

1. Matikan Notifikasi yang tidak perlu

Cara yang paling sederhana agar tidak perlu sering memeriksa smartphone adalah dengan mematikan notifikasi yang kamu anggap itu tidak penting. Cukup dengan buka pengaturan dan pemberitahuan di smartphone, kemudian kelola notifikasi yang harus muncul dan tidak, atau bisa langsung mematikan notifikasi melalui aplikasi.

2. Singkirkan Aplikasi Pengalih Perhatian Dilayar Utama

Kecenderungan selalu menggunakan smartphone umumnya disebabkan karena banyaknya aplikasi yang menarik perhatian di smartphone, Awalnya ingin memeriksa cuaca kemudian teks, lalu dengan tidak sadar beralih ke facebook dan instagram. 

Taruh aplikasi yang dianggap penting untuk digunakan, pada layar utama dibagian depan dan tengah,  kemudian simpan aplikasi apapun yang ingin dibatasi penggunaanya dengan folder di halaman berikutnya. Apabila perlu, kamu bisa menghapus aplikasi tertentuseperti facebook atau twitter dan mengalihkan penggunannya melalui browser di smartphone. 

3. Jauhkan Smartphone Dari Tempat tidur

Jangan biarkan smarphone menjadi aktivitas terkahir kamu saat sebelum tidur dan jangan biarkan juga smartphone menjadi yang pertama kamu lihat ketika kamu bangun dari tidur. Gunakanlah alarm biasa dan simpan smartphone jauh dari jangkauan, agar tidak tergoda memulai aktivitas pertama dipagi hari dengan melihat dan memeriksa smartphone

Akhir kata

Itulah beberapa tips untuk mengurangi kecanduan terhadap smartphone. /tentu segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Yuk, mulai kurangi ketergantunganmu dengan smartphone. Semoga bermanfaat. 

Silahkan tinggalkan pesan jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan.