Tips Simpel Cara Merawat Fingerprint Smartphone Agar Tetap Awet

Tips Simpel Cara Merawat Fingerprint Smartphone Agar Tetap Awet

Jika Anda pengguna smartphone yang sudah menggunakan teknologi fingerprint dan sering menggunakannya untuk membuka dan mengunci ponsel sebaiknya Anda harus mengetahui cara merawat Fingerprint smartphone tersebut.

 Cara Merawat Fingerprint Smartphone


Sekarang ini smartphone terbaru sudah dibekali sistem keamanan pemindai sidik jari atau fingerprint. Tapi meski banyak yang menggunakan teknologi fingerprint, kamu gak mau kan harus beli smartphone baru gara-gara fingerpint-nya rusak? Biar gak cepet rusak, Berikut tipsnya


Cara Merawat Fingerprint Smartphone


1. Mendaftarkan Banyak Jari

Salah satu keunggulan smartphone dengan fingerprint scanner adalah kamu bisa mendaftarkan lebih dari satu jari untuk akses. Tapi, agar fingerprint smartphone kamu terus berfungsi dengan baik, hindari mendaftarkan banyak jari ya. Cukup dua jari aja.

Kenapa begitu? Soalnya setiap data sidik jari yang kamu daftarkan akan disimpan di memori smartphone. Jika semakin banyak yang kamu daftarkan tapi yang dipakai cuma satu atau dua jari itu-itu saja, malah akan membuat sensor sidik jari smartphone kamu menampung data yang tidak penting.

2. Jari Basah


Pastikan jari yang kamu daftarkan untuk mengakses kunci smartphone tidak basah. Karena merupakan perangkat elektronik, sesuatu yang basah akan membuatnya cepat rusak, termasuk jari. Ingat ya, basah dan lembab itu berbeda.

3. Jangan Pindai Selain Jari


Selain jari, fingerprint scanner di smartphone juga memungkinkan kamu untuk memindai bagian tubuh lain yang dilapisi kulit, misal telinga, hidung dan bibir. Tapi, sesuai namanya, gunakan jari saja. Pengalihan fungsi bisa menyebabkan fingerprint scanner kamu mengalami malfungsi.

baca juga : dampak negatif terlalu sering bermain facebook

4. Jangan Pake Fingerprint Saat Hujan


Jari basah aja sudah bahaya, apalagi dipakai saat hujan-hujanan atau berenang. Meski smartphone kamu dirancang tahan air, tapi celah yang ada di tepi fingerprint scanner bisa memicu air masuk dan merusak sensor di dalamnya loh!

5. Menggores Fingerprint Scanner


Jangan sekali-kali iseng menggoreskan benda lain ke fingerprint scanner smartphone kamu. Soalnya, sensor pada permukaan scanner-nya memang dirancang khusus untuk mengenali pola-pola khas yang ada pada jari. Jika ada permukaan yang tergores, besar kemungkinan akan membuatnya tidak bisa dipakai lagi.

baca juga : smartphone murah dengan spesifikasi dewa

6. Perhatikan Cara Menyimpan Smartphone

Sensor pemindai sidik jari pada kebanyakan ponsel berada pada bagian belakang, namun juga ada di bagian lain seperti tombol home.
Karena sensor ini sangat penting dan harus tetap terjag dan bekerja maksimal, Anda harus memperhatikan cara menyimpannya, hindari sensor fingerprint bergesekan langsung dengan benda lain seperti meletakan handphone di kantong yang terlalu ketat dan di dalam tas yang terlalu banyak benda yang dapat menggores pemindai.



Itu dia 5 hal yang harus kamu ketahui dan hindari agar fingerprint di smartphone awet. Semoga bermanfaat dan bisa membuat smartphone kamu bisa digunakan untuk waktu yang lama ya!

Jika Anda mempunyai tips lain untuk merawat sensor fingerprint smartphone Anda dapat menambahkan tipsnya pada kolom komentar ya.

1 comment

  1. Simply wish to say your article is as amazing.
    The clarity in your post is simply great and i could assume you're
    an expert on this subject. Well with your permission let me to grab your feed to keep
    updated with forthcoming post. Thanks a million and please continue the enjoyable work.

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan pesan jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan.